Tuesday 13 December 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 UNTUK SD KELAS 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

TEMA                         : Persatuan Dalam Perbedaan
KELAS                       : VI  (Enam)
WAKTU                     : ± 35 Menit

  1. KOMPETENSI INTI
PPKn
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda­benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Bahasa Indonesia
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda­benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
IPS
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan
awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan.

  1. INDIKATOR
PPKn
  1. Menjelaskan tentang hidup rukun sebagai landasan untuk persatuan.
Bahasa Indonesia
  1. Menjelaskan informasi penting tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan.
IPS
  1. Menjelaskan secara lisan dan tulisan sebab akibat terjadinya perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
  1. Siswa dapat menjelaskan tentang hidup rukun sebagai landasan untuk persatuan.
Bahasa Indonesia
  1. Siswa dapat menjelaskan informasi penting tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan.
IPS
  1. Siswa dapat menyajikan secara lisan dan tulisan sebab akibat terjadinya perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan.

  1. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
a.       Metode                        : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi
b.      Model Pembelajaran   : Examples non examples
  1. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Awal
1)      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
2)      Mengabsen seluruh siswa.
3)      Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama yakni Persatuan Dalam Perbedaan.
b.      Kegiatan Inti ( Pendekatan Kontekstual/Contextual Teacing and Learning )
1)      Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Penggunaan gambar untuk memberi stimulus ide dan diskusi yang dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan. (eksplorasi)
2)      Guru mengarahkan diskusi kelas berkelompok/berpasangan dengan teman sebangku menggunakan pertanyaan. (elaborasi)
3)      Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai gambar mengenai Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan. (eksplorasi)
4)      Guru mengajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar mengenai Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan. (eksplorasi)
5)      Guru mengajarkan siswa untuk memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan. (konfirmasi)
6)      Guru menginformasikan penjelasan materi keindahan tentang Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dengan fasilitas sebuah diskusi di mana siswa mengkomunikasikan kegiatan eksplorasi dan pengumpulan data. (elaborasi)
7)      Guru menyuruh siswa berkelompok/berpasangan dengan teman sebangku untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. (elaborasi)
8)      Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi. (konfirmasi)
9)      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari. (konfirmasi)
10)  Guru memberikan Soal Evaluasi. (elaborasi)

c.       Kegiatan Akhir
1)      Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
2)      Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar selama sehari).
3)      Menugaskan semua siswa ( PR ).
4)      Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
  1. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a.       Gambar-gambar tentang macam-macam keindahan alam di Indonesia.
b.      Buku Pedoman Guru Kelas IV semester 2.
c.       Kurikulum 2013 mata pelajaran (PPKn,  Bahasa Indonesia dan IPS ).
d.      Buku Siswa Kelas IV semester 2.
  1. PENILAIAN
a.       Prosedur Penilaian
1)      Penilaian awal (menjawab pertanyaan dalam apersepsi).
2)      Penilaian proses ( kegiatan kerja kelompok).
3)      Penilaian Akhir (mengerjakan evaluasi individu).
b.      Teknik Tes
1)      Jenis Tes          : Tes
2)      Jenis Soal        : Pilihan Ganda dan Essai

                                                            Pacitan, 29 November 2016
                                                                      Guru Kelas VI


                                                                        Seto Ardhi


KISI KISI PENILAIAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Sambilengek
Mata Pelajaran            : Tematik Integratif (PPKn, Bahasa Indonesia, IPS)
Tema                           : Persatuan Dalam Perbedaan
Kurikulum                   : 2013
Alokasi Waktu            : 15 menit
Jumlah Soal                 : 12 buah

Kompetensi Dasar

Indikator


TP.
NO.

Ranah

Bentuk Soal

No. Soal

Tingkat Kesukaran

Kog
Afek
Psik



PPKn
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan
Pada Masa Penjajahan,
Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan

1. Menjelaskan tentang hidup
rukun sebagai landasan untuk
persatuan.




1





C2






Pilihan Ganda




1 – 5




Sedang
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang pahlawan pahlawan Indonesia yang telah gugur dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


1. Menjelaskan informasi penting
tentang pahlawan pahlawan Indonesia yang telah gugur.








2








C3










Isian








1 - 3








Sedang
IPS
4.2 Menyajikan hasil pemahaman
tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat
Indonesia dari Masa Pergerakan
Kemerdekaan sampai dengan
awal Reformasi dalam kehidupan
berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan.

1. Menjelaskan secara lisan dan
tulisan sebab akibat terjadinya
perubahan kehidupan
masyarakat Indonesia dari
masa persiapan proklamasi
kemerdekaan










3










C4












Isian










1 - 4










Sedang






 

Latihan Soal
  1. Arti persatuan secara morfologi bisa diartikan sebagai ....
a.       Suatu hasil dari perbuatan
b.      Suatu hasil dari perilaku
c.       Suatu hasil dari seseorang
d.      Suatu perbuatan baik
  1. Kapan Boedi Oetomo berdiri ....
a.       20 Mei 1908
b.      17 Agustus 1945
c.       28 Oktober 1928
d.      28 Mei 1945
  1. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di dirikan oleh ....
a.       Indonesia
b.      Belanda
c.       Portugis
d.      Jepang
  1. Sikap untuk menahan diri dan juga bersabar, serta membiarkan pendapat orang lain dan menerima apa yang baik dan tidak baik merupakan arti dari ....
a.       Tidak Menghina
b.      Toleransi
c.       Menjaga Kerukunan
d.      Mempelajari Suatu Budaya
  1. Apa semboyan dari Negara Indonesia ....
a.       Tut Wuri Handayani
b.      Bhineka Tunggal Ika
c.       Bersatu Kita Teguh
d.      NKRI Harga Mati




Latihan Soal
  1. Siapakah tokoh diatas ?
  2. Diskripsikan sifat dan karakter tentang tokoh diatas !
  3. Sifat dan karakter apa saja yang kamu sukai dari tokoh di atas ?

  

  

Latihan Soal
  1. Jelaskan apa saja yang terjadi pada Peristiwa 27 Juli 1996 !
  2. Apa isi dari UU No. 2 Tahun 1985 tentang susunan dan kedudukan anggota MPR, DPR, DPRD yang kemudian disempurnakan menjadi UU No 5 Tahun 1995 ?
  3. Pada tanggal berapa Presiden Soeharto mengundurkan diri ?
  4. Sebutkan faktor yang mempengaruhi terjadinya Reformasi !





















Contoh Lembar  Pengamatan
Lembar Pengamatan Keaktifan Tanya Jawab, demonstrasi, dan Diskusi
No
Nama
Siswa
Sangat
Aktif
Aktif
Cukup
Kurang
Aktif
Tidak
 Aktif
1.       






2.       






3.       






4.       






5.       







Keterangan

a)      Sangat Aktif    Nilainya 5
a)      Aktif                Nilainya 4
b)      Cukup              Nilainya 3
c)      Kurang Aktif   Nilainya 2
d)     Tidak Aktif     Nilainya 1

Lembar Pengamatan Sikap dan Minat Siswa
No
Nama
Siswa
Sangat
Baik
Baik
Cukup
Kurang
Baik
Tidak
Baik
1.       






2.       






3.       






4.       






5.       







Keterangan
      
a)      Sangat Baik     Nilainya 5
b)      Baik                 Nilainya 4
c)      Cukup              Nilainya 3
d)     Kurang Baik    Nilainya 2
e)      Tidak Baik       Nilainya 1

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post