RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA :
Persatuan Dalam Perbedaan
KELAS :
VI (Enam)
WAKTU :
± 35 Menit
- KOMPETENSI INTI
PPKn
|
KI
3
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
Bahasa
Indonesia
|
KI
3
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
IPS
|
KI
4
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
- KOMPETENSI DASAR
PPKn
|
3.5
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan
Kemerdekaan.
|
Bahasa
Indonesia
|
3.1
Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk
hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
|
IPS
|
4.2
Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan
masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan
awal
Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam
bentuk tulisan.
|
- INDIKATOR
PPKn
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
IPS
|
|
- TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
IPS
|
|
- METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
a. Metode : Ceramah bervariasi, tanya jawab,
diskusi
b. Model
Pembelajaran : Examples non examples
- LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
1)
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
2)
Mengabsen
seluruh siswa.
3)
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama yakni Persatuan Dalam Perbedaan.
b. Kegiatan Inti ( Pendekatan
Kontekstual/Contextual Teacing and Learning )
1)
Awal pembelajaran dimulai dengan
kegiatan motivasi. Penggunaan gambar untuk memberi stimulus ide dan diskusi
yang dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai Nilai-nilai
Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan.
(eksplorasi)
2)
Guru mengarahkan diskusi kelas
berkelompok/berpasangan dengan teman sebangku menggunakan pertanyaan.
(elaborasi)
3)
Guru menyediakan gambar yang menampilkan
berbagai gambar mengenai Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan
Nasional dan Kemerdekaan. (eksplorasi)
4)
Guru mengajarkan siswa untuk
mengeksplorasi gambar mengenai Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan,
Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan. (eksplorasi)
5)
Guru mengajarkan siswa untuk memahami Nilai-nilai
Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan.
(konfirmasi)
6)
Guru menginformasikan penjelasan materi
keindahan tentang Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan
Nasional dan Kemerdekaan dengan fasilitas sebuah diskusi di mana siswa mengkomunikasikan
kegiatan eksplorasi dan pengumpulan data. (elaborasi)
7)
Guru menyuruh siswa
berkelompok/berpasangan dengan teman sebangku untuk mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru. (elaborasi)
8)
Guru memberikan klarifikasi terhadap
hasil diskusi. (konfirmasi)
9)
Guru memberikan kesempatan pada siswa
untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari. (konfirmasi)
10)
Guru memberikan Soal Evaluasi.
(elaborasi)
c. Kegiatan Akhir
1)
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
2)
Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar selama sehari).
3)
Menugaskan semua siswa ( PR ).
4)
Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran.
- ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a.
Gambar-gambar tentang macam-macam
keindahan alam di Indonesia.
b.
Buku Pedoman Guru Kelas IV semester 2.
c.
Kurikulum 2013 mata pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia dan IPS ).
d.
Buku Siswa Kelas IV semester 2.
- PENILAIAN
a.
Prosedur Penilaian
1)
Penilaian awal (menjawab pertanyaan
dalam apersepsi).
2)
Penilaian proses ( kegiatan kerja
kelompok).
3)
Penilaian Akhir (mengerjakan evaluasi
individu).
b.
Teknik Tes
1)
Jenis Tes : Tes
2)
Jenis Soal : Pilihan Ganda dan Essai
Pacitan,
29 November 2016
Guru Kelas VI
Seto Ardhi
KISI
KISI PENILAIAN
Satuan Pendidikan :
SD Negeri Sambilengek
Mata Pelajaran :
Tematik Integratif (PPKn, Bahasa Indonesia, IPS)
Tema :
Persatuan Dalam Perbedaan
Kurikulum :
2013
Alokasi Waktu :
15 menit
Jumlah Soal :
12 buah
Kompetensi Dasar |
Indikator |
TP.
NO.
|
Ranah |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Tingkat Kesukaran |
||
Kog
|
Afek
|
Psik
|
|
|
|
|||
PPKn
3.5
Memahami Nilai-nilai Persatuan
Pada
Masa Penjajahan,
Pergerakan
Nasional dan Kemerdekaan
|
1.
Menjelaskan tentang hidup
rukun
sebagai landasan untuk
persatuan.
|
1
|
C2
|
|
|
Pilihan Ganda
|
1 – 5
|
Sedang
|
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang pahlawan pahlawan
Indonesia yang telah gugur dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
1.
Menjelaskan informasi penting
tentang
pahlawan pahlawan Indonesia yang telah gugur.
|
2
|
C3
|
|
|
Isian
|
1 - 3
|
Sedang
|
IPS
4.2
Menyajikan hasil pemahaman
tentang
sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat
Indonesia
dari Masa Pergerakan
Kemerdekaan
sampai dengan
awal
Reformasi dalam kehidupan
berpolitik,
berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan.
|
1.
Menjelaskan secara lisan dan
tulisan
sebab akibat terjadinya
perubahan
kehidupan
masyarakat
Indonesia dari
masa
persiapan proklamasi
kemerdekaan
|
3
|
C4
|
|
|
Isian
|
1 - 4
|
Sedang
|
Latihan
Soal
- Arti persatuan secara morfologi bisa diartikan sebagai ....
a. Suatu
hasil dari perbuatan
b. Suatu
hasil dari perilaku
c. Suatu
hasil dari seseorang
d. Suatu
perbuatan baik
- Kapan Boedi Oetomo berdiri ....
a. 20
Mei 1908
b. 17
Agustus 1945
c. 28
Oktober 1928
d. 28
Mei 1945
- Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di dirikan oleh ....
a. Indonesia
b. Belanda
c. Portugis
d. Jepang
- Sikap untuk menahan diri dan juga bersabar, serta membiarkan pendapat orang lain dan menerima apa yang baik dan tidak baik merupakan arti dari ....
a. Tidak
Menghina
b. Toleransi
c. Menjaga
Kerukunan
d. Mempelajari
Suatu Budaya
- Apa semboyan dari Negara Indonesia ....
a. Tut
Wuri Handayani
b. Bhineka
Tunggal Ika
c. Bersatu
Kita Teguh
d. NKRI
Harga Mati
Latihan Soal
- Siapakah tokoh diatas ?
- Diskripsikan sifat dan karakter tentang tokoh diatas !
- Sifat dan karakter apa saja yang kamu sukai dari tokoh di atas ?
- Jelaskan apa saja yang terjadi pada Peristiwa 27 Juli 1996 !
- Apa isi dari UU No. 2 Tahun 1985 tentang susunan dan kedudukan anggota MPR, DPR, DPRD yang kemudian disempurnakan menjadi UU No 5 Tahun 1995 ?
- Pada tanggal berapa Presiden Soeharto mengundurkan diri ?
- Sebutkan faktor yang mempengaruhi terjadinya Reformasi !
Contoh
Lembar Pengamatan
Lembar Pengamatan
Keaktifan Tanya Jawab, demonstrasi, dan Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Sangat
Aktif
|
Aktif
|
Cukup
|
Kurang
Aktif
|
Tidak
Aktif
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
a)
Sangat
Aktif Nilainya 5
a)
Aktif Nilainya 4
b)
Cukup Nilainya 3
c)
Kurang
Aktif Nilainya 2
d)
Tidak
Aktif Nilainya 1
Lembar
Pengamatan Sikap dan Minat Siswa
No
|
Nama
Siswa
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
Baik
|
Tidak
Baik
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
a)
Sangat
Baik Nilainya 5
b)
Baik Nilainya 4
c)
Cukup Nilainya 3
d)
Kurang
Baik Nilainya 2
e)
Tidak
Baik Nilainya 1
No comments:
Post a Comment